Aturan Sertifikasi Guru Tahun 2016 Akan Diperketat Mulai 1 Januari

Tidak ada komentar 982 views

Aturan Sertifikasi Guru Tahun 2016 – Tunjangan profesi guru yang selama ini sudah berjalan sedang dibenahi dan dievaluasi karena penerimanya dinilai tidak sesuai peruntukan. Mulai 1 Januari 2016, aturan tunjangan profesi Guru akan semakin diperketat. Tunjangan akan dilihat dari kinerja guru.

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (P2TK3 Kemdikbud), Sumarna Suprapranata mengatakan, tunjangan profesi guru akan semakin diperketat mulai 1 Januari 2016.

Jadi bagi Bapak dan Ibu Guru harus lebih meningkatkan kompetensinya, agar siap menghadapi perubahan aturan sertifikasi guru tahun 2016 nanti.

aturan sertifikasi guru tahun 2016

Direktur P2TK3 Kemdikbud menilai pemberian uang tunjangan profesi guru selama ini tidak tepat sasaran. Banyak guru yang memiliki kompetensi pedagogik dan profesional mendapatkan tunjangan lebih kecil dari guru yang tidak memiliki kompetensi tersebut karena pemberian tunjangan hanya dilihat dari lama mengajar.

“Masa guru yang nilainya di bawah 7,5 mendapat tunjangan sama dengan yang di atas 7,5. Ini harus beda,” ujar Pranata.

Oleh sebab itu, aturan sertifikasi guru tahun 2016 akan diperketat mulai 1 Januari, namun masih menggunakan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN ARB) nomor 16 tahun 2009 tentang fungsional jabatan guru.

Menurut Pranata, kompetensi guru akan dibenarkan karena masih banyak kinerja guru yang rendah. Banyak guru yang mendapat nilai UKG (uji kompetensi guru) di bawah standar nasional 48,00 persen.

Namun meskipun capaian nilai UKG 2015 rendah, guru yang sudah lulus sertifikasi tetap akan menerima tunjangan profesi sehingga aturan sertifikasi guru tahun 2016 perlu dievaluasi dan dibenahi.

Pranata mengatakan, guru bukan tidak pintar tapi masih perlu ditingkatkan pembinaannya dan pemberian tunjangan profesi guru harus diperkatat lagi.

Demikianlah informasi mengenai aturan baru sertifikasi guru tahun 2016 yang akan diberlakukan mulai 1 januari. Semoga informasi ini berguna bagi Bapak dan Ibu Guru semua. Terima kasih.

author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Aturan Sertifikasi Guru Tahun 2016 Akan Diperketat Mulai 1 Januari"