Cara Melihat Pengumuman Hasil UKG 2015, Silakan Cek!

1 komentar 324440 views

Cara Melihat Pengumuman Hasil UKG 2015 berbeda dengan cara melihat nilai UKG tahun 2012. Pada tahun 2012 kita dapat melihat langsung nilai UKG. Sedangkan pada tahun 2015, hasil UKG dapat dilihat dengan cara mengetahui jumlah soal, jumlah jawaban benar dan jumlah jawaban salah.

Guru yang telah menyelesaikan ujian melalui sistem Computer Based Test (CBT), dapat melihat langsung pengumuman hasil UKG 2015 secara online. Adapun nilainya berupa hasil kompetensi profesional dan pedagogik.

cara melihat pengumuman hasil ukg 2015

Dalam pelaksanaan UKG tahun 2015 ini, guru akan mengerjakan 80 soal ujian dalam waktu 120 menit. Adapun komposisi soal UKG 2015 yaitu 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional.

Jadi, selama 120 menit itu peserta Uji Kompetensi Guru tahun 2015 akan mengerjakan soal yang berisi kompetensi pedagogik sebanyak 24 soal dan kompetensi profesional sebanyak 56 soal.

Bagi guru yang sudah sertifikasi, materi tes uji kompetensi profesional berkaitan dengan bidang studi yang diampu. Sedangkan untuk guru yang belum sertifikasi, materi ujian disesuaikan dengan kualifikasi akademik.

Materi uji kompetensi guru SD terbagi tiga, yaitu guru kelas rendah, guru kelas tinggi dan guru Penjaskes. Sedangkan untuk guru SMP dan SMA/SMK disesuaikan dengan bidang studi yang diampu saat sertifikasi guru. Kisi-kisi soal UKG 2015 dapat dilihat juga di situs resmi Kemendikbud.

Sedangkan soal uji kompetensi pedagogik mutlak harus dikuasai guru. Karena kompetensi pedagogik merupakan kompetensi khas yang dimiliki oleh guru. Kompetensi pedagogik meliputi kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Jadi, penguasaan kompetensi pedagogik ini akan menentukan berhasil tidaknya seorang guru dalam mengajar dan mendidik muridnya.

Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdukbud RI, Sumarna Supapranata, pengumuman hasil UKG 2015 akan disampaikan kepada Kepala Sekolah melalui dinas pendidikan setempat.

Hasil UKG 2015 ini akan menjadi dasar pembinaan guru. Karena perolehan nilai UKG 2015 yang rendah akan berpengaruh terhadap kualitas pelajar di sekolah.

Berdasarkan berita dari Kompas.com, hasil UKG 2015 di Provinsi Maluku hanya mencapai 34,5 persen. Sehingga Provinsi Maluku menempati posisi nilai UKG 2015 terendah secara nasional.

Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Maluku Amir Rumra, nilai UKG yang rendah di Maluku dipengaruhi banyak variabel. Ada faktor sumber daya manusia para guru yang merupakan produk Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Ada pula intervensi kebijakan daerah untuk program pelatihan dan pengembangan profesi guru yang juga dinilai masih jauh dari harapan.

Silakan baca : Ini Penyebabnya Nilai UKG 2015 di Maluku Sangat Rendah

Lalu, bagaimana cara melihat hasil UKG 2015 ini?

Cara melihat pengumuman hasil UKG 2015

Pengumuman hasil UKG 2015 dapat dilihat langsung secara online di http://sergur.kemdiknas.go.id, setelah peserta UKG selesai mengikuti uji kompetensi. Situs tersebut merupakan website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Di situs tersebut, Anda dapat melihat hasil UKG 2015 dengan mencari nama Anda terlebih dahulu. Jika nama Anda belum tercantum, kemungkinannya adalah pengumuman hasil UKG 2015 belum dipublikasikan.

Anda harus bersabar dan membuka laman http://sergur.kemdiknas.go.id secara rutin.

Demikianlah informasi mengenai cara melihat pengumuman hasil UKG 2015, semoga nilainya memuaskan!

author
Penulis: 
  1. author

    achmad zainullah2 tahun ago

    http://sergur.kemdiknas.go.id

    Balas

Tinggalkan pesan "Cara Melihat Pengumuman Hasil UKG 2015, Silakan Cek!"