Cerdas Dengan Membaca Al-quran

Tidak ada komentar 657 views

Cerdas Dengan Membaca Al-quraan

Semua orang tua tentunya menginginkan anak-anaknya cerdas bukan?
Baik itu cerdas secara akademik, emosional atau pun spiritual.
Namun tak jarang juga sebagian masyarakat kita lebih memilih melakukan bimbingan belajar yang cukup menguras finansial.
Memang ini tidak salah, tapi ada cara yang tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk kecerdasan anak, bahkan diri kita sendiri.

Ingin tahu bagaimana caranya?

Tahfidz Merupakan penghafal Al-quraan, banyak sekali keutamaan baik di dunia maupun di akhirat kelak bagi orang yang menghafal Al-Quraan.
Sayangnya tak banyak anak-anak yang mau menghafal dengan berbagai alasan.
Terlebih dengan hadirnya berbagai macam smart phone yang sangat banyak menyita waktu anak-anak bahkan orang tua.

Sejatinya, menghafal Quran bukanlah hal yang mudah, tapi juga tidak susah bila didasari niat dengan tulus dan mempunyai keinginan dan berusaha dengan semaksimal mungkin.
Dengan menghafal, otak kanan akan terbiasa berfikir dengan detail, dan fokus, karena menghafal Quraan tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, harus sepenuhnya benar, baik tanda baca maupun panjang pendeknya.
Tidak ada yang tahu pasti bila tidak mempraktekanya, karena Kenikmatan menghafal Al-Quraan dan keistimewaannya tidak akan bisa dirasakan kecuali oleh mereka yang telah menghafalnya.
Tapi Satu hal yang pasti, Allah selalu memberikan jalan kemudahan bagi setiap hambanya yang mau bersungguh-sungguh dan melakukan ibadah di jalan-Nya.

Hasil Penelitian

Penurunan depresi, kesedihan, memperoleh ketenangan jiwa, menangkal berbagai macam penyakit merupakan pengaruh umum yang dirasakan orang-orang yang menjadi objek penelitiannya.
Penelitian Dr. Al Qadhi ini diperkuat pula oleh penelitian lainnya yang dilakukan oleh dokter yang berbeda.
Objek penelitiannya terhadap 5 orang sukarelawan yang terdiri dari 3 pria dan 2 wanita.
Penelitian yang dilakukan sebanyak 210 kali ini terbagi dua sesi, yakni membacakan Al-Quraan dengan tartil dan membacakan bahasa Arab yang bukan dari Al-Quraan.
Kesimpulannya, responden mendapatkan ketenangan sampai 65% ketika mendengarkan bacaan Al-Quraan dan mendapatkan ketenangan hanya 35% ketika mendengarkan bahasa Arab yang bukan dari Al-Quraan.
Menurut penelitiannya, bayi yang berusia 48 jam, yang kepadanya diperdengarkan ayat-ayat Al-Quraan dari tape recorder menunjukkan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang.

Menurut penelitian lain, membaca Al-Quraan selepas maghrib dan subuh dapat meningkatkan kecerdasan otak sampai 80 % , karena di waktu tersebut ada pergantian dari siang ke malam dan dari malam ke siang hari.
Di samping itu, ada 4 aktifitas sekaligus ketika membaca Al-quraan, seperti melihat,berfikir, melafadzkan, dan mendengar.
Hal inilah yang memicu otak untuk lebih cepat dalam memproses informasi.

Di bulan suci Ramadhan ini, mari kita jadikan sebagai awal perubahan dengan memperbanyak membaca Al-quraan.
Bukankah di bulan RCerdas Dengan Membaca Al-quranamadhan semua amal ibadah kita akan dilipat gandakan?
Ayoo kita bangkit dan bangun motivasi diri, pasangan, anak dan keluarga untuk terus belajar dan mendawamkan kalimatullah yang sarat dengan pahala.

Demikianlah sebagian kecil dari mukjizat Al-quraan yang dapat kita peroleh apabila kita rajin membacanya.

Semoga Bermanfaat.

Sumber:
http://islampos.com
http://adinikhwan.com

Tag:
author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Cerdas Dengan Membaca Al-quran"