Di Makasar, Guru Kesulitan Kerjakan Soal UKG

Tidak ada komentar 2102 views

Di Makasar, Guru Kesulitan Kerjakan Soal UKG Sebanyak 2.587.253 orang telah tercatat sebagai peserta dalam sistem pendataan UKG. Ditjen GTK Kemdukbud melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) antara tanggal 9 sampai 27 November 2015 di seluruh Indonesia. Sedangkan bagi guru yang berhalangan masih dapat mengikuti UKG susulan.

Baca : Syarat dan jadwal UKG susulan tahun 2015

Guru harus mengerjakan 60 atau 120 soal dalam UKG, tergantung mata pelajaran masing-masing. Semua harus dikerjakan dalam waktu 120 menit, baik secara online maupun offline.

Guru yang telah menyelesaikan ujian melalui sistem Computer Based Test (CBT), dapat melihat langsung pengumuman hasil UKG 2015 secara online. Adapun nilainya berupa hasil kompetensi profesional dan pedagogik.

Lihat juga : Cara melihat pengumuman hasil UKG 2015

Sejumlah guru yang mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 di Makassar, kesulitan kerjakan soal ujian komputer. Mereka terhambat mengerjakan soal karena masih gagap teknologi (gaptek).

peraih nilai UKG tertinggi tahun 2015

Image : Okezone.com

Dikutip dari Okezone.com, Kepala Sekolah SMPN 8 Makassar Sulawesi Selatan, Hikmah Mangani, S.Pd, M.Pd. mengatakan “Mereka bingung pegang mouse. Bagaimana cara naik dan turun, cara spasi,” Jumat (20/11/2015).

Hikmah menegaskan, guru yang masih gagap teknologi dibantu oleh pengawas untuk mengerjakan teknis pemakaian komputer. Tapi tidak dibantu mengerjakan soalnya.

Dia menambahkan, guru yang masih gaptek tersebut kebanyakan merupakan pengajar jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan sekolah dasar. Biasanya, guru SMP ke atas sudah sedikit yang gaptek.

“Umumnya guru SMP ke atas sudah bisa. Paling hanya satu atau dua yang belum terbiasa,” ujar Hikmah.

Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdukbud RI, Sumarna Supapranata, pengumuman hasil UKG 2015 akan disampaikan kepada Kepala Sekolah melalui dinas pendidikan setempat. Hasil UKG 2015 ini akan menjadi dasar pembinaan guru ke depannya.

KanalPendidikan.com

author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Di Makasar, Guru Kesulitan Kerjakan Soal UKG"