Ikhtiar Agar Anak Hafal 30 Juz Sebelum Usia 6 Tahun

1 komentar 496 views

Siapa sih yang tidak ingin anaknya hafal al-quran, apalagi jika anaknya usia masih kecil sudah hafal al-quran 30 juz? Siapa coba yang tidak menginginkannya?? Pastinya semua orang tua atau calon orang tua sangat mengharapkan itu. Bagi para orang tua atau calon orang tua, atau siapapun yang sedikit banyaknya menginginkan kelak anaknya bisa hafal al-quran 30 juz sebelum usia 7 tahun, di sini saya akan berbagi beberapa kita-kiat atau ikhtiar agar anaknya kelak sudah hafal al-quran sebelum usia 7 tahun. Selamat membaca..

Kiat-kiat ini disampaikan oleh Syeikh Dr. Kamil Al-Labudi, tanggal 29 Ramadhan 1437 H.

Kiat-kiat ini beliau sampaikan berdasarkan pengalaman beliau dalam mendidik ke tiga putra/putri beliau sampai hafal 30 juz al-quran dalam usia 4,5 tahun. Semua putra/putri beliau hafal al-quran 30 juz sebelum usia mereka 5 tahun. Maa syaaaa allah.. allahu akbar.. Siapa coba yang tidak merinding membacanya dan mendengarnya setelah mengetahui seperti itu.

Berikut kiat-kiat atau ikhtiar yang disampaikan beliau :

  1. Ketika anak kita lahir, dari usia 1 hari perdengarkan al-quran setiap harinya 1 juz dan ulangi sebanyak 5 kali. Ulangi terus selama satu bulan. Jadi dalam satu bulan 1 juz di ulang sebanyak 150 kali. Maka waktu yang diperlukan untuk menamatkan memperdengarkan al-quran sebanyak 30 juz hanya 30 bulan, yaitu 2,5 tahun. Ketika anak kita usianya 2,5 tahun dia sudah mendengarkan al-quran 30 juz sebanyak 150 kali.
  2. Pilihlah bacaan dari para Masyayikh, para Qori yang terkenal bacaannya fasih, seperti Qori Syekh Mahmud Kholil Al-Hushori, Syekh Shiddiq Al-Minsyawi, Syekh Mishary Rasyid, dll.
  3. Ketika anak kita sudah tamat mendengarkan bacaan al-quran 30 juz, maka ajarkan hafalan kepadanya. Sehari setengah halaman atau satu halaman, ulangi setiap harinya sampai 5 kali.
  4. Buat cara yang menarik untuk anak kita agar mau menghafal, berikan hadiah ketika bisa mencapai target.
  5. Sebagai orang tua dari anak kita, perbanyaklah berdo’a kepada allah ta’ala agar dimudahkan dalam membimbing anak kita dalam proses menghafal al-quran 30 juz.

Dengan metode seperti ini hanya perlu waktu 1,5 tahun anak kita hafal al-quran 30  juz. Selamat mencoba. Mudah-mudahan allah ta’ala berikan karuniaNya kepada kita semua agar keluarga kita menjadi Ahlul Quran dan semoga putra/putri kita hafal al-quran 30 juz.

  1. author

    admin1 minggu ago

    Insya allah nanti kita peraktikan ya?

    Balas

Tinggalkan pesan "Ikhtiar Agar Anak Hafal 30 Juz Sebelum Usia 6 Tahun"