Ini Dua Kata Larangan yang Tidak Baik Diucapkan Kepada Anak

Tidak ada komentar 850 views

Ini dua kata larangan yang tidak baik diucapkan kepada anak – Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi, Psi, menyarankan orangtua untuk menghindari dua kata larangan kepada anak. Dua kata larangan tersebut adalah kata “jangan” dan “tidak boleh”.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai orangtua atau guru di sekolah sering mengucapkan dua kata tersebut ke anak atau kepada peserta didik.

Menurut Ayoe, ketika anak dilarang dengan kata “jangan” atau “tidak boleh”, si anak jadi merasa penasaran mengapa hal tersebut dilarang. Sehingga si anak cenderung ingin mencoba melakukan apa yang dilarang oleh orang tua.

Ini Dua Kata Larangan yang Tidak Baik Diucapkan Kepada Anak

Anak seringkali melakukan sesuatu yang dianggap keliru oleh orang tua. Jadi bukannya nurut apa kata orangtua, anak malah melakukan hal sebaliknya.

Selain itu, sering mengucapkan kata “jangan” dan “tidak boleh” ke anak bisa membatasi kreatifitas dan keberanian anak. Anak jadi berpikir serba tidak boleh. Akhirnya, ya sudahlah diam saja karena takut salah dan dimarahi.

Misalnya larangan ‘jangan meloncat-loncat’, Ayoe menyebutkan “Ganti dengan ‘duduk yang manis’ atau ‘jalannya pelan-pelan’,” dikutip dari Antara (29/05/15).

Dia menambahkan, orangtua juga harus pandai menjaga sikap dan ekspresi di depan anaknya. Menurutnya, anak usia 1 sampai 3 tahun itu akan meniru ekspresi orangtuanya.

Misalnya jika orangtua menunjukkan rasa panik secara berlebihan saat anak jatuh, akhirnya anak akan menganggap kejadian jatuh sebagai hal yang patut dibesar-besarkan.

Kesimpulan, sebaiknya hindari larangan dalam bentuk kalimat negatif menggunakan kata “jangan” dan “tidak boleh”. Ganti kalimat larangan dengan kalimat perintah positif.

Demikian, semoga bermanfaat.

author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Ini Dua Kata Larangan yang Tidak Baik Diucapkan Kepada Anak"