Menumbuhkan Suasana Belajar yang Merdeka

Tidak ada komentar 681 views

Menumbuhkan Suasana Belajar yang Merdeka – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan “Mari kita tumbuhkan suasana pembelajaran yang merdeka. Bagian kami di Kemendikbud yang mengatur juknisnya. Bapak dan Ibu (guru) yang membangun semangatnya.”

Pesan Mendikbud itu disampaikan dalam acara penganugerahan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2015 di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (21/11/2015).

Dalam pidatonya, Mendikbud mengimbau para guru dan tenaga kependidikan untuk menumbuhkan suasana pembelajaran yang merdeka. Ia mengatakan, merdeka memiliki makna yang berbeda dengan bebas.

menumbuhkan suasa belajar yang merdeka

Menurut Mendikbud, dalam kata “merdeka” terdapat nuansa tanggung jawab. Kemerdekaan dalam pembelajaran atau dunia pendidikan itu bertujuan untuk menciptakan ruang bagi peserta didik maupun guru untuk berkreasi dan berprestasi, sehingga dapat mendorong munculnya terobosan dan inovasi.

Ia juga menuturkan, semua yang telah dikerjakan para guru tidak bisa diukur atau dinilai dengan rupiah. “Jangan mengukur apa yang kita kerjakan dengan rupiah. Kemuliaan ketika dirupiahkan akan mengalami devaluasi penurunan nilai,” ujar Mendikbud.

Lihat juga Ini Dua Kata Larangan yang Tidak Baik Diucapkan Kepada Anak

author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Menumbuhkan Suasana Belajar yang Merdeka"