Pendidikan Bukanlah Kelinci Percobaan

Tidak ada komentar 1063 views

“Pendidikan bukan lahan untuk jadi kelinci percobaan!”, begitulah kata Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Pernyataan tersebut berkaitan dengan rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, yang mengeluarkan gagasan full day school (FDS).
Menurutnya, rencana memperpanjang jam belajar di sekolah pendidikan dasar harus dikaji lebih mendalam dari berbagai aspek, termasuk kesiapan murid, guru, serta infrastruktur sekolah.
Full Day School dari sudut pandang Fadli Zon bukan hanya menjadi persoalan kurikulum, tapi juga dapat mengubah gaya hidup masyarakat.
“Perlu dikaji dulu secara mendalam, karena ini akan mengubah gaya hidup juga. Dalam persoalan antarjemput misalnya,” ujar Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2016).
Jika Mendikbud tetap akan menerapkan kebijakan ini, bukan hanya perlu sosialisasi tetapi harus disertai dengan simulasi.
“Jadi, ide ini harus dikaji secara mendalam, cermat, dampaknya seperti apa kemudian baru disimulasikan. Jangan nanti ada ide, diterapkan kemudian dikoreksi lagi. Namanya tidak ada perencanaan matang,” tutur Fadli.
Fadli juga mengingatkan bahwa saat ini bukan waktunya lagi menerapkan kebijakan yang main-main. Siswa dan sekolah bukan hal yang bisa dijadikan percobaan, tetapi membutuhkan program pasti yang membawa pendidikan ke arah yang lebih baik.
Kebijakan full day school harus dikaji dengan matang. Bahkan seharusnya ada percontohan terlebih dahulu.

Salah satu faktor sampai saat ini Indonesia masih belum mampuh bersaing secara maksimal di kancah pergaulan internasional, dikarenakan pondasi pendidikan yang belum cukup kuat.
Misalnya, kurikulum yang selalu berubah, yang berdasarkan kepentingan politik. Padahal pendidikan sebaiknya dapat menjadi visi dan misi pemerintah dalam jangka panjang.
Bukan seperti saat ini, ganti menteri, ganti kebijakan, ganti presiden ganti juga kebijakan dalam pendidikan.
Padahal pendidikan bukanlah kelinci percobaan, karena akan menyangkut nasib bangsa dikemudian hari.

author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Pendidikan Bukanlah Kelinci Percobaan"