Ini Penyebabnya Nilai UKG 2015 di Maluku Sangat Rendah

Tidak ada komentar 11074 views

Penyebab nilai UKG 2015 di Maluku sangat rendah – Dilansir oleh Kompas.com bahwa perolehan hasil uji kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 di provinsi Maluku sangat rendah, nilai UKG 2015 di Maluku hanya mencapai 34,5 persen. Sehingga Maluku menempati posisi nilai UKG 2015 terendah secara nasional.

Baca juga : Cara Melihat Pengumuman Hasil UKG 2015

Ketua Fraksi DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra meyakini perolehan hasil uji kompetensi yang rendah akan berpengaruh kepada kualitas pelajar di sekolah-sekolah di Maluku.

“Tentunya capaian hasil ini akan sangat berdampak pada kualitas para siswa,” ungkap Rumra di Gedung DPRD Maluku, Rabu (17/11/2015).

Nilai Hasil UKG 2015 Maluku

Menurut Amir Rumra, faktor penyebab rendahnya nilai UKG 2015 di Maluku antara lain:

  1. Sumber daya manusia guru di Maluku lulusan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dinilai masih rendah.
  2. Adanya intervesi kebijakan pemerintah daerah untuk program pelatihan dan pengembangan profesi guru dinilai masih jauh dari harapan.
  3. Minimnya pelatihan dan pengembangan profesi guru dalam struktur kebijakan di daerah membuat kemampuan dan kapasitas guru seperti berjalan di tempat.

Menurut Rumra, faktor-faktor penyebab rendahnya nilai UKG 2015 di Maluku ini tidak mendapatkan perhatian serius sehingga kualitas guru apa adanya, kemampuannya standar dan tidak mengalami peningkatan.

Rumra berharap agar pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Maluku menyikapi dan memperhatikan masalah rendahnya nilai UKG tahun 2015 ini.

“Kalau hal ini tidak diatasi bersama, maka dampaknya kian membawa keterpurukan kualitas pendidikan di Maluku,” ujar Rumra.

Untuk menangani masalah ini, Rumra mengusulkan agar Pemerintah Provinsi Maluku dapat membentuk Pusat Pengembangan Kompetensi Guru dan Kejuruan (PPKGK) agar para guru dapat terus dilatih, diberi pengetahuan dan ditingkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalnya secara berkelanjutan.

author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Ini Penyebabnya Nilai UKG 2015 di Maluku Sangat Rendah"